penulis frrelance
menjadi penulis freelance

Menjadi penulis freelance merupakan peluang yang besar. Coba kamu bayangkan berapa banyak artikel yang yang dibutuhkan oleh sebuah website terkenal dalam satu hari? bisa belasan hingga puluhan, dan coba kalikan untuk beberapa website. Di Indonesia, permintaan artikel untuk mengisi website besar sangat tinggi dan bayarannya pun cukup tinggi.

Namun masalahnya adalah masih sedikit sekali jasa penulis artikel freelance berkualitas di Indonesia. Jika kamu memiliki bakat menulis, tidak ada salahnya mencoba memulai menjadi penulis freelance di waktu-waktu luang. Menjadi penulis freelance sangat menguntungkan dan bisa menambah penghasilan.

Menjadi penulis freelance tidak menyita banyak waktu. Profesi penulis freelance mungkin lebih cocok bagi mahasiswa yang punya banyak waktu luang. Namun jika kamu seorang karyawan, kamu bisa memanfaatkan waktu luang seperti jam makan siang di cafe atau hari libur akhir pekan.

Menghasilkan Uang dengan Menjadi Penulis Freelance

Menjadi penulis lepas memiliki banyak keuntungan. Selain dapat menyalurkan hobi kamu, disisi lain juga dapat memberikan pengalaman dan penghasilan tambahan. Mereka yang benar-benar menekuni jasa menjadi penulis freelance bahkan bisa menghasilkan uang 7 jutaan perbulan dengan hanya bekerja duduk di depan laptop pada akhir pekan.

Tips Menjadi Penulis Freelance Sukses

D internet memang banyak cara halal untuk menghasilkan uang. Menjadi penulis freelance salah satunya. Nah, untuk menarik minat client agar tulisan banyak dipesan, sicibi akan memberikan tips bagaimana memulai menjadi penulis freelance sukses.

Menganggapnya serius

Ibarat┬ámelamar pekerjaan, tentu kamu aan ditanya keseriusan kamu. Begitupula dengan menjadi penulis lepas, tanyakan pada dirimu “apakah saya yakin untuk menjadi penulis?” “apakah saya memiliki passion?” itu yang paling penting. Dengan keseriusan kamu dapat memulai suatu pekerjaan dengan motivasi yang tinggi, ingat meskipun internet adalah “dunia maya” namun untuk menjadi sukses kita harus “bekerja nyata”.

Jadilah Profesional

Selayaknya penulis, kamu diharapkan membuat tulisan yang baik dan berdasarkan kaidah penulisan yang benar. Semua orang punya gaya penulisan sendiri namun tidak semua orang bisa menulis dengn baik yang kontennya mudah dipahami pembaca. Cobalah untuk perbanyak membaca dan mencari referensi-referensi penulisan untuk meningkatkan kemampuan menulis kamu.

Berikan contoh tulisan terbaik kapada client

Jika kamu baru memulai menjadi penulis freelance, cobalah rayu calon client dengan mengirimkan beberapa contoh tulisan terbaik kamu. Jika client kamu memiliki website dengan topik teknologi, buatlah sebuah artikel contoh tentang teknlogi. Hal ini akan meningkatkan peluang kepada calon client untuk berlangganan tulisan kamu.

Selalu periksa tulisan sebelum dikirim

Menulis adalah passion, semakin sering kamu menulis maka kemampuan menulis kamu akan semakin meningkat. Namun ada yang lebih penting, periksa selalu artikel atau konten yang kamu buat sebelum dikirim ke client. Pastikan semuanya benar dan sesuai permintaan dari client. Periksa juga tata bahasa dan kata-kata yang salah sebelum semuanya terlambat.

Itulah beberapa tips menjadi penulis freelance, sebagai informasi saya juga penulis artikel di beberapa website besar. Jadi tips diatas merupakan pengalaman pribadi penulis. Bagaimana? tertarik mencetak uang dengan menjadi penulis?

BAGIKAN
Berita sebelumyaBlenny Fish, Ikan Yang Hobinya “Bermain” di Darat
Berita berikutnyaDampak Sosial Media Terhadap Perubahan Perilaku Masyarakat
Arriyadh Prayugo lahir di Banyuasin, pada hari ke sepuluh di bulan Juni, 1995. Saat ini sedang menempuh pendidikan akhir S1 di Universitas Sriwijaya Program Studi Agroteknologi spesialis Budidaya Pertanian. Aktif di beberapa kegiatan dan konsultan pertanian. Penulis juga merupakan founder sekaligus pengurus LapakPetani.com dan BibitPalembang.id. Sosok yang memiliki ketertarikan dengan hobi membaca dan menulis melatarbelakangi berdirinya blog yang bertema "Artikel, ide dan edukasi" ini.

9 KOMENTAR

  1. Betul sekali mas, walau sya bukan penulis freelance, tetapi tips -tips di atas sangat bermanfaat. Khususnya dalam membuat postingan di blog pribadi.. dan setuju banget sama point yg paling bawah, Periksalah kembali …. siapa tahu ada kata atau tulisan yg tidak sesuai yah…
    makasih mas atas pencerahannya…

  2. Menjadi freelance artikel memang menjanjikan akan tetapi jika ide lagi kosong, membuat hati sebel. Mau nulis apa… kira-kira. Kalau bagi seorang guru seperti saya susah menjadi penulis artikel seperti ini

  3. iya bener banget kalau pengen jadi penulis freelance yang sukses mah kudu nurut apa yang dibilangin mang admin tuh…beliau udah sukses jadi penulis freelance, walaupun dikasbonin mulu…

    panjang dan relefan kan komentar saya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here