peran mikroba
Fiksasi nitrogen oleh mikroba, gambar wikipedia

Selama berabad-abad peran mikroba sangat penting bagi kesuburan tanah tanah dan tanaman. Penelitian saat ini banyak mengungkapkan bahwa ada banyak jenis mikroba yang bermanfaat pada tanaman budidaya.

Mikroba tertentu di dalam tanah khususnya yang berada di dekat zona perakaran memberikan banyak manfaat pada tanaman, diantaranya sebagai pemasok unsur hara, memperbaiki kualitas tanah, hingga menekan pertumbuhan penyakit yang menyerang tanaman.

Apa Yang Dimaksud Dengan Mikroba Tanah Menguntungkan?

Mikroba biasanya didefinisikan sebagai makhluk hidup yang sangat kecil tidak kasat mata dan hanya bisa dilihat dengan bantuan mikroskop. Mikroba tanah ialah organisme bersel tunggal yang berukuran sangat kecil yang hidup membentuk koloni di dalam tanah.

Kelompok mikroba tanah yang menguntungkan mencakup organisme mikroskopis seperti bakteri dan jamur. Mikroba tanah menguntungkan memainkan peranan yang sangat penting yakni sebagai dekomposer dan menyediakan nutrisi untuk pertumbuhan tanaman di atasnya.

Apa yang dilakukan mikroba di dalam tanah?

Peran mikroba di dalam tanah sangat penting bagi pertumbuhan tanaman dan keberlangsungan fungsi ekosistem. Beberapa contoh mikroba tanah yang sering ditemui di alam yakni jamur kelompok mikoriza dan bakteri Rhizobium sp.

Mikoriza merupakan bentuk simbiosis mutualisme antara akar tanaman dan beberapa jenis jamur spesifik. Sebagian besar jamur yang membentuk mikoriza memiliki peran penting sebagai pelarut fosfat dan menekan resiko penyakit akar yang disebabkan oleh patogen.

Baca Juga:

Tanaman kelompok legum seperti kedelai bersimbiosi dengan bakteri penambat nitrogen yakni Rhizobium sp. Bakteri Rhizobium sp. mampu mengambil nitrogen bebas di udara yang tidak mampu dijangkau langsung oleh tanaman. Proses penambatan nitrogen oleh Rhizobium ini akan meningkatkan jumlah nitrogen tersedia di dalam tanah dan dapat langsung dimanfaatkan oleh tanaman.

Selain Rhizobium dan Mikoriza, ada banyak lagi jenis mikroba tanah yang menguntungkan. Sebagian besar peran mikroba tanah yakni dekomposer bahan organik, meningkatkan unsur hara, memperbaiki struktur tanah dan pembentuk asam-asam organik.

Artikel Rekomendasi

Selain mikroba dengan fungsi spesifik seperti mikoriza dan rhizobium, kerja mikroba tanah secara umum dimulai dengan memecah bahan organik yang kompleks menjadi sederhana, Bahan organik tersebut “dimakan” dan diproses oleh mikroba lalu terurai  menjadi bahan organik yang sederhana. Bahan sederhana tersebut mengandung unsur hara tertentu dalam bentuk dapat diserap oleh tanaman.

BAGIKAN
Berita sebelumyaPeran Kalsium atau Kapur Bagi Tanaman
Berita berikutnyaHaruskah Bibit Tanaman Sayuran Dipupuk?
Arriyadh Prayugo lahir di Banyuasin, pada hari ke sepuluh di bulan Juni, 1995. Saat ini sedang menempuh pendidikan akhir S1 di Universitas Sriwijaya Program Studi Agroteknologi spesialis Budidaya Pertanian. Aktif di beberapa kegiatan dan konsultan pertanian. Penulis juga merupakan founder sekaligus pengurus LapakPetani.com dan BibitPalembang.id. Sosok yang memiliki ketertarikan dengan hobi membaca dan menulis melatarbelakangi berdirinya blog yang bertema "Artikel, ide dan edukasi" ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here