pengaruh air ledeng terhadap tanaman
Air Ledeng

Jika Anda tinggal di daerah perkotaan tentunya air ledeng sudah sangat familiar terutama untuk kebutuhan sehari-hari. Sebagian besar pekebun urban yang berkebun di pekarangan yang hidup di perkotaan bergantung pada air ledeng untuk menyiram tanaman, terutama pada saat musim kemarau.

Air ledeng atau air perkotaan mengandung senyawa Chloramine yang terdiri dari Chlorin atau Cl. Senyawa tersebut biasanya ditambahkan ke dalam pengolahan air ledeng untuk membunuh bibit penyakit/patogen yang berbahaya bagi manusia, contohnya E. Coli.

Pengertian Klorin Pada Air Ledeng

Klorin merupakan salah satu unsur kimia yang diproduksi secara komersial sebagai bahan desinfektan dan banyak ditemukan pada produk pembersih rumah tangga. Produk-produk pemutih juga umum menggunakan bahan klorin.

kandungan cl pada air ledeng
Struktur Kimia Chloramine

Chloramine adalah bahan yang ditambahkan pada pengolahan air ledeng sebelum didistibusikan ke masyarakat. Cloramine merupakan senyawa kombinasi dari unsur klorin dan amonia. Chloramine inilah yang bertugas menetralisir dan membunuh agen penyakit yang dapat beresiko pada manusia, contohnya Salmonella dan E. Coli.

Namun apakah air ledeng aman bagi tanaman dan kesuburan tanah? untuk menjawab hal tersebut, silahkan pertimbangkan hal-hal berikut.

Pengaruh Air Ledeng Terhadap Tanaman

Sudah diketahui secara luas bahwa air ledeng perkotaan sudah ditambah klorin dan fluor untuk alasan sanitasi. Hal ini dianggap penting guna menjaga agar distribusi air tetap aman dan sehat bagi manusia.

Penambahan klorin atau Cl bertujuan untuk membunuh mikroba yang dianggap berbahaya bagi kesehatan manusia. Tapi dampak lain juga dapat membunuh mikroba menguntungkan di dalam tanah apabila disiram ke tanaman.

Cl atau klorin, seperti yang sudah kita ketahui merupakan unsur hara mikro yang diperlukan hanya sedikit bagi tanaman. Apabila di dalam tanah terjadi penumpukan Cl dan terserap tanaman maka akan mengakibatkan tanaman keracunan.

Pengaruh Air Ledeng bagi Organisme Tanah

Klor atau Cl yang terdapat pada air ledeng dapat membunuh beberapa mikroba di dalam tanah. Namun mikroorganisme tanah dapat kembali berkembang dengan cepat dan pada tingkat Cl yang rendah populasi mikroba tidak berkurang signitifkan.

menyiram dengan air ledeng apakah berbahaya
bibit tomat

Berbeda halnya apabila jumlah klorin yang terdapat pada air ledeng sangat tinggi. Hal ini akan menyebabkan pengurangan populasi mikroba yang cukup tinggi dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengembalikan ke populasi semula.

Pengaruh Air Ledeng pada Pengomposan

Sudah dijelaskan pada bagian sebelumnya bahwa klor pada air ledeng bertujuan untuk membunuh mikroba. Penambahan air ledeng ke dalam kompos dapat menurunkan aktivitas mikroba pengurai dan menyebabkan lama pengomposan yang lebih panjang.

Tips Menggunakan Air Ledeng Untuk Menyiram Tanaman

Jika persediaan air untuk menyiram tanaman hanya mengandalkan air ledeng mohon jangan panik. Air ledeng tidak akan mematikan tanaman apabila diolah dengan benar. Semua tanaman membutuhkan air untuk bisa menyerap nutrisi dan bertahan dan menggunakan air ledeng lebih baik daripada tidak menggunakan apapun.

Menghilangkan Klorin (Cl) Pada air Ledeng

menghilangkan cl pada air ledeng
kebun pekarangan

Cara termudah untuk menyingkirkan masalah klorin pada air ledeng adalah dengan cara diendapkan dan meletakkannya di bawah sinar matahari langsung selama 1-2 hari. Klorin kemudian akan menguap sendiri ke udara dalam bentuk Cl2 setidaknya selama satu hari.

Setelah itu baru bisa disiram ke tanaman di kebun pekarangan. Untuk lebih menyakinkan, apabila anda memiliki alat TDS meter, anda bisa memeriksa konsentrasi larutan dengan alat tersebut. Biasanya setelah dibiarkan seharian, jumlah ppm akan berkurang dan itu menandakan klorin juga sudah bekurang.

Itulah artikel mengenai Amankah Menyiram Tanaman dengan Air Ledeng? Berikut Pertimbangannya. Jika ada kesempatan kami akan mencoba menulis artikel mengenai cara membuat pupuk guano dengan Em4. Terus kunjungi situs kami atau like halaman facebook kami di Tips dan Inspirasi Kebun Pekarangan untuk mengetahui info-info terbaru pertanian urban.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here