jamur madu penyerang akar tanaman
jamur madu penyerang akar tanaman

Jamur madu adalah nama umum yang diberikan pada beberapa spesies jamur yang berbeda (Armillaria) yang menyerang dan membunuh akar tanaman tahunan yang berkayu. Gejala yang paling khas dari serangan jamur madu yakni adanya pertumbuhan jamur berwarna putih di antara kulit kayu dan di permukaan tanah. Gumpalan beadstool seperti madu terkadang juga muncul pada tunggul yang terinfeksi

Pengertian Jamur Madu

Jamur madu merupakan nama umum dari beberapa spesies jamur pada genus Armillaria. Jamur madu berkembang biak di bawah tanah, menyerang akar tanaman parenial yang menyebabkan akar membusuk dan kemudaian menyebabkan pohon mati.

Jamur madu biasa menyerang tanaman keras. Sampai saat ini, tida ada tanaman yang benar-benar kebal terhadap jamur madu. Namun beberapa spesies memiliki ketahanan yang sangat baik, seperti Juglans nigra (kenari hitam) dan Acer negundo.

Biologi Jamur Madu atau Armillaria

Ada banyak spesies Armillaria di dunia . Spesies yang paling umum ditemukan adalah A. mellea dan A. gallica. Spesies A. mellea dan A. ostoyae adalah spesies yang paling merusak. A. gallica dianggap kurang merusak walaupun diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui seberapa merusak spesies jamur tersebut.

Jamur madu menyebar di bawah tanah dan kontak langsung dengan akar tanaman. Jamur ini dapat menyebar ke akar hingga 30 meter dari sumber infeksi dengan pertumbuhan jamur rata-rata 45-100 cm per tahun. Tak ayal, jenis jamur ini banyak ditemukan dalam ukuran yang cukup besar.

A. gallica menghasilkan rhizomorph yang besar dan sering ditemukan pada tumpukan kompos. Sebagai tindakan pencegahan, jangan gunakan kompos yang banyak di sekitar tanaman berkayu.

jamur madu
Jamur madu

Ciri-ciri dan Gejala Serangan Jamur Madu

Gejala serangan jamur madu dapat dilihat dari atas tanah dan bawah tanah

Di atas tanah

  • Bagian atas tanaman mati. Terkadang tiba-tiba selama periode cuaca kering yang panas menunjukkan kegagalan sistem akar dan tanaman sekarat.
  • Daun yang lebih kecil dan pucat dari ukutan normalnya
  • Tanaman gagal berbunga
  • Terjadi keretakan pada kulit kayu di pangkal batang
  • Tumbuh jamur berwarna putih madu di sekitar pangkal batang

Di bawah tanah

  • Akar mati dan membusuk
  • Terdapat miselium berwarna putih diantara akar, sering juga ditemui di antara kulit kayu dan berbau khas seperti jamur jamur.
  • Kadang Rhizomorph seringkali sulit terdeteksi terutama untuk spesies yang paling patogen.

Cara Pengendalian Jamur Madu

Belum ada bahan kimia yang benar-benar ampuh untuk mengendalikan jamur madu. Jika terdapat gejala serangan jamur madu, satu-satunya cara pengendalian yang efektif adalah dengan menggali dan memusnahkan semua akar dan tunggul yang terinfeksi. Hal ini akan memutus siklus jamur dan mencegahnya menyebar di dalam tanah.

Kontrol Teknis

Untuk mencegah jamur madu menyebar ke daerah yang tidak terkena dampak, gunakan penghalang fisik seperti strip karet butil vertikal 45 cm (18 cm) atau lembaran plastik berat yang dirkubur di tanah untuk menghalangi invasi rhizomorph. Penghalang tersebut juga harus menonjol 2-3 cm di atas permukaan tanah. Menjaga sanitasi lahan secara teratur juga akan membatasi penyebaran rhizomorph.

Kontrol Hayati/Biologi

Untuk pengendalian hayati, aplikasikan trichoderma sebelum tanam dan sesudah tanam minimal 2 bulan sekali. Trichoderma merupakan agens hayati jamur yang dapat menekan pertumbuhan jamur lainnya tapi tidak merugikan bagi tanaman. Selain itu, trichoderma juga memiliki sifat dekomposer untuk menjaga kesuburan tanah.

 

 

BAGIKAN
Berita sebelumyaPenyakit Bercak Coklat Pada Buah Apel dan Cara Mengatasinya
Berita berikutnyaMengenal Lovebird, Burung Lucu nan Menggemaskan
Arriyadh Prayugo lahir di Banyuasin, pada hari ke sepuluh di bulan Juni, 1995. Saat ini sedang menempuh pendidikan akhir S1 di Universitas Sriwijaya Program Studi Agroteknologi spesialis Budidaya Pertanian. Aktif di beberapa kegiatan dan konsultan pertanian. Penulis juga merupakan founder sekaligus pengurus LapakPetani.com dan BibitPalembang.id. Sosok yang memiliki ketertarikan dengan hobi membaca dan menulis melatarbelakangi berdirinya blog yang bertema "Artikel, ide dan edukasi" ini.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here