menanam pisang dari biji
Menanam pisang dari biji, https://www.youtube.com/watch?v=r4HjpxvjtmI

Pisang komersial seperti cavendish yang biasa kita beli di toko buah memang ditanam secara khusus untuk konsumsi dan tidak memiliki biji. Namun, apabila anda pernah menemukan pisang yang memiliki biji, anda mungkin sangat beruntung. Sebab jenis pisang ini sudah sangat sulit ditemukan kecuali di pedesaan.

Apabila pisang memiliki biji, bisakah kita menanam pisang secara generatif?

Seperti yang telah disebutkan di paragraf teratas, pisang yang biasa kita makan secara genetis telah diubah dan tidak menghasilkan biji. Namun, masih ada banyak varietas pisang lain di luar sana dan mengandung biji. Misalnya pisang-pisang liar yang ditemukan di hutan awalnya merupakan tumbuhan dari biji. Biji tersebut dibawa tidak sengaja oleh monyet atau binatang lainnya lalu tumbuh secara alami di alam. Jadi jawaban atas pertanyaan bisakah pisang ditanam melalui biji adalah bisa karena sejatinya hampir semua jenis tanaman rata-rata bisa berkembang biak secara generatif.

tanaman pisang dari biji
Tanaman pisang pot dari biji

Kelebihan Menanam Pisang dengan Biji

Menanam pisang dengan biji mempunyai kelebihan yakni jumlah populasi tanaman yang diperoleh lebih banyak dan biaya penanam yang lebih murah karena tidak perlu membeli bibit.

Kelemahan Menanam Pisang dengan Biji

Selain ada kelebihan, menanam pisang dengan biji juga memiliki banyak kelemahan. Beberapa kelemahan tersebut antara lain hasil buahnya tidak akan sama seperti yang kita beli di pedagang. Buahnya mengandung biji dan untuk beberapa varietas lokal bijinya mungkin sangat besar sehingga sangat repot apabila dimakan. Selain itu, menanam pisang dari biji juga membutuhkan waktu yang lebih lama daripada menanam dari bibit.

Mengecambahkan Benih Pisang

Untuk mengecambahkan biji pisang, rendam benih tersebut dalam air hangat selama 24 sampai 48 jam untuk menghentikan dormansi benih. Proses ini juga akan melembutkan lapisan kulit biji dan memungkinkan embrio tumbuh lebih mudah dan cepat. Siapkan baki semai atau wadah lainnya dan isi dengan media tanah yang diperkaya dengan kompos organik dan pasir (1:1:1).

mengecambahkan biji pisang
Perendaman benih pisang

Tanam benih pisang sedalam 0,5 cm lalu di tutup dengan lapisan kompos. Siram media tanah sampai lembab tapi jangan berlebihan karena akan menyebabkan benih menjadi busuk. Suhu optimal untuk mengecambahkan benih pisang yakni antara 22-30 deraja celcius.

Berapa Lama Benih Pisang Akan Berkecambah?

waktu pisang berkecambah
Kecambah Pisang

Lama benih pisang dapat berkecambah tergantung pada varietasnya. Waktu minimal benih pisang dapat berkecambah yakni sekitar 2-3 minggu namun ada juga yang memakan waktu lebih lama hingga dua bulan atau lebih. Jadi untuk menanam pisang dari biji membutuhkan kesabaran.

BAGIKAN
Berita sebelumyaTips Budidaya Sayuran di Kebun Pekarangan
Berita berikutnyaApakah Penyakit Pada Tanaman Bisa Menular Ke Manusia?
Arriyadh Prayugo lahir di Banyuasin, pada hari ke sepuluh di bulan Juni, 1995. Saat ini sedang menempuh pendidikan akhir S1 di Universitas Sriwijaya Program Studi Agroteknologi spesialis Budidaya Pertanian. Aktif di beberapa kegiatan dan konsultan pertanian. Penulis juga merupakan founder sekaligus pengurus LapakPetani.com dan BibitPalembang.id. Sosok yang memiliki ketertarikan dengan hobi membaca dan menulis melatarbelakangi berdirinya blog yang bertema "Artikel, ide dan edukasi" ini.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here