Akhirnya bisa menulis lagi, pada artikel ini saya tertarik membuat media sayuran dari gedebog pisang setelah membaca salah satu artikel di turbus. Beruntung di belakang rumah saya ada banyak sekali batang pisang yang sudah ditebang dan belum dimanfaatkan hehe.

Selain dijadikan pupuk kompos bokashi, gedebog pisang ternyata punya manfaat besar sebagai media tanam sayuran. Kandungan airnya yang tinggi mampu menghemat air hingga 60%. Gedebog pisang juga diketahui memiliki kandungan antrakuinon, saponin, dan flavonoid yang berperan menyurbukan bulu-bulu akar sehingga unsur hara dapat mudah terserap oleh tanaman.

Memanfaatkan batang pisang sebagai media tanam sangat cocok untuk kebun berbasis pekarangan, selain meminimalisir tempat juga sebagai daya tarik yang unik. Lalu bagaimana cara budidaya sayuran memanfaatkan batang pisang sebagai media tanam? Let’s check it out!

1. Siapkan bahan dan peralatan yaitu bibit sayuran, gedebog/batang pisang, tanah+bokashi (2:1), gergaji, linggis dan palu.
2. Potong batang pisang dengan gergaji agar terlihat rapi di kedua sisi ujung dan pangkal.

3. Buat lubang tanam 15 cm x 15 cm x 15 cm dengan batuan linggis dan palu. Jarak tanam menyesuaikan sesuai lebar tajuk tanaman nantinya. Jika gedebog pisang cukup besar bisa dibuat 2 lajur lubang per baris.


4. Masukkan media tanah dan bokashi yang telah tercampur rata ke dalam lubang tanam.

5. Tanam bibit yang telah disemai atau langung masukkan benih sayur seperti sawi, selada dll.

Untuk perawatan cukup mudah, tidak perlu melakukan penyiraman berkala karena media tanah akan lembab oleh kandungan air dalam gedebog pisang. Pemupukan cukup dengan Pupuk Organik Cair (POC) seminggu sekali sesuai takaran dosis. Bagaimana? tertarik mencoba di rumah?

Hasilnya insyaallah akan saya posting beberapa minggu ke depan.. maksudnya saat panen :D. Kunjungi terus www.yugoblog.com

BAGIKAN
Berita sebelumya5 Games Pilihan Simulasi Berkebun Untuk Android
Berita berikutnyaMencangkok Tanaman Tanpa Tanah dan Cepat Berakar
Arriyadh Prayugo lahir di Banyuasin, pada hari ke sepuluh di bulan Juni, 1995. Saat ini sedang menempuh pendidikan akhir S1 di Universitas Sriwijaya Program Studi Agroteknologi spesialis Budidaya Pertanian. Aktif di beberapa kegiatan dan konsultan pertanian. Penulis juga merupakan founder sekaligus pengurus LapakPetani.com dan BibitPalembang.id. Sosok yang memiliki ketertarikan dengan hobi membaca dan menulis melatarbelakangi berdirinya blog yang bertema "Artikel, ide dan edukasi" ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here