memilih jenis media hidroponik terbaik
rumah hidroponik

Dalam budidaya sistem hidroponik, keberadaan media tanam merupakan faktor penting untuk menggantikan tanah sebagai penyangga akar tanaman. Ketika kita memulai berkebun hidroponik, salah satu komponen penting yang perlu disiapkan adalah memilih media tanam yang sesuai dengan kebutuhan

Saat ini ada banyak sekali jenis media tanam yang dapat digunakan untuk hidroponik. Namun jika ingin mencari jawaban media tanam hidroponik apa yang terbaik? sampai saat ini kami belum memiliki jawaban yang benar-benar tepat untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Tips Memilih Media Hidroponik

Memilih jenis media tanam hidroponik terbaik sangat bervariasi, dengan kata lain sangat tergantung pada jenis tanaman, jenis sistem hidroponik yang digunakan serta preferensi pribadi masing-masing. Tapi secara umum, dalam memilih media tanam hidroponik yang tepat sebaiknya ikuti tips berikut ini:

  • Untuk hidroponik NFT dan DFT, sebaiknya memilik media hidroponik yang poros tapi mampu menahan air dengan baik sehingga apabila terjadi kesalahan teknis pada sistem hidroponik (mati lampu, kebocoran dll) media tetap lembab dan tanaman aman.
  • Media hidroponik sebaiknya memiliki pH netral antara 6-7
  • Berstruktur gembur, subur dan pori yang baik sehingga tidak mengganggu pertumbuhan akar
  • Salinitas rendah
  • Steril, tidak mengandung organisme penyebab hama dan penyakit;
  • Mengandung unsur-unsur mineral

Jenis media tanam terbaik juga dapat ditentukan dengan cara menyesuaikan kebutuhan dan budget. Sebagai referensi anda, berikut ini kami berikan informasi mengenai berbagai jenis media tanam hidroponik terbaik yang mungkin akan sesuai dengan kebutuhan anda.

Macam-macam Media Tanam Hidroponik

Rockwool

kelebihan rockwool
Rockwool

Rockwool merupakan media tanam yang paling populer digunakan pada sistem hidroponik modern. Rockwool merupakan bahan media tanam yang terbuat dari batuan basal yang dipanaskan pada suhu tinggi sehingga material batu kemudian berubah menjadi serat.

Salah satu kelebihan utama rockwool yaitu daya pegang air yang sangat baik, yang berarti tanaman tidak akan kekeringan apabila listrik padam dan air di sistem hidroponik tidak mengalir dalam beberapa jangka waktu tertentu.

Rockwool juga memiliki banyak pori udara yang membantu aliran oksigen di perakaran. Jenis media Tanam Rockwool sangat cocok digunakan pada sistem hidroponik NFT/DFT dan tanaman sayuran hijau seperti selada, kangkung, seledri dll.

Cocopeat

kelebihan cocopeat
cocopeat

Cocopeat atau kadang disebut coco coir merupakan media tanam yang terbuat dari serbuk sabut kelapa. Media tanam cocopeat saat ini semakin populer karena merupakan salah satu media tanam organik untuk sistem hidroponik.

Kelebihan Cocopeat menjadi media tanam yaitu mampu menampung kapasitas oksigen dan air yang besar. Hal ini menyebabkan tanaman dapat tetap bertahan ketika  terjadi kesalahan teknis dengan sistem hidroponik. Namun cocopeat yang tidak diolah dengan baik biasanya mengandung garam yang cukup tinggi dan bisa berpengaruh buruk tehadap tanaman.

Perlite

kelebihan perlite
perlite

Media tanam hidroponik ini mungkin masih terdengar asing, namun di luar neger seperti eropa dan amerika media tanam perlite sangat populer. Perlite berasal dari bebatuan gunung vulkanik dan merupakan salah satu media tanam hidroponik yang harganya terjangkau.

Media tanam pertile biasanya digunakan pada hidroponik sistem wick atau sumbu. Hal ini dikarenakan perlite tidak cukup baik dalam hal menahan air namun memiliki rongga udara yang besar sehingga pertukaran udara di sekitar akar lebih maksimal. Kelebihan utama media tanam perlite yaitu bisa digunakan berulang-ulang tanpa takut media rusak.

Expanded Clay/hydroton

kelebihan hydroton
Hydroton

Expanded clay atau hydroton merupakan media hidroponik yang terbuat dari tanah liat/lempung yang dikerikilkan. Expanded clay memiliki harga yang lebih mahal, namun sebenarnya lebih ekonomis untuk jangka panjang karena dapat digunakan kembali.

Sama seperti sifat perlite, expanded clay tidak mampu menyimpan air dengan baik sehingga kita harus mencampurnya dengan media lain untuk meningkatkan retensi air.

Vermiculite

kelebihan vermiculite
vermiculite

Vermiculite adalah merupakan jenis media hidroponik yang terbuat dari batuan mineral. Vermiculate sebagai media tanam hidroponik sangat baik dalam hal mempertahankan kelembaban. Dalam budidaya hidroponik, vermiculite biasanya dikombinasikan bersamaan dengan media tumbuh lainnya seperti perlit.

Arang sekam

media hidroponik murah
arang sekam

Arang sekam atau sekam bakar merupakan media tanam paling murah dan bisa dibuat sendiri. Arang sekam diperoleh dari pembakaran tidak sempurna dari sekam padi. Selain dapat menghemat biaya produksi, kelebihan sekam bakar yaitu porositas dan kemampuan memegang air yang cukup baik.

2 KOMENTAR

  1. Yang cukup populer di masyarakat kayaknya yang media sekam ya. Gampang diperoleh plus harganya pun terbilang ekonomis. Malah kalau punya sawah sendiri, bisa gratis karena ngga usah beli 🙂

    Batuan vermiculite itu bisa di dapet dimana, Prayugo? Aku baru denger ini malah ada batuan mineral dg nama vermiculite *maklum, bukan anak pertanian. hehehe*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here