Manfaat ekstrak rumput laut bagi tanaman
Manfaat ekstrak rumput laut bagi tanaman

Di pasaran ada banyak sekali jenis pupuk organik, rata-rata pupuk organik yang paling sering kami temui yakni produk berupa pupuk organik cair atau POC. Bahannya pun bermacam-macam mulai dari limbah organik, mikroba hingga ekstrak rumput laut.

Kelebihan Pupuk Organik Cair dari Ekstrak Rumput Laut

Ekstrak rumput laut dapat digunakan pada perlakuan benih sebelum tanam, perawatan akar, aktivator kompos, pupuk daun, zat pengatur tumbuh, suplemen mineral, peredam stress tanaman serta sebagai unsur tambahan untuk meningkatkan kualitas kompos.

Ekstrak rumput laut terutama dari spesies Ascophyllum nodosum yang banyak hidup di daerah garis pantas memiliki banyak unsur hara penting untuk pertumbuhan tanaman. Unsur hara tersebut antara lain nitrogen, fosfor, kalium, kalsium, magnesium, belerang serta mineral lainnya.

Kandungan Unsur Hara Pada Rumput Laut

Selain unsur hara esensial di atas, kandungan pada ekstrak rumput laut juga mencakup unsur hara benefisial yang jarang ditemukan pada pupuk organik lainnya. Sebagai informasi, unsur hara benefisial merupakan merupakan unsur hara yang berguna bagi pertumbuhan tanaman dan apabila tidak ada maka tidak akan menyebabkan pertumbuhan tanaman terganggu. Namun apabila unsur hara benefisial ini ada maka akan meningkatkan laju pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Unsur-unsur benefisial tersebut antara lain Silicon (Si), Sodium (Na), Cobalt (Co), Vanadium (V), Lithium (Li), Rubidium (Rb), Strontium (Sr), Aluminium (Al), Selenium (Se), Iodine (I), Perak (Ag) dan Titanium (Ti).

Sebagai contoh, kobalt atau Co bukanlah elemen penting untuk tanaman, namun penting bagi mikroorganisme yang memfiksasi nitrogen dari udara. Silikon apabila terserap tanaman akan memperkuat jaringan sel dan menjadi bagian dari sistem pertahanan alami tanaman terhadap serangan patogen. Unsur Vanadium berperan dalam metabolisme nitrogen. Selain itu, kandungan iodium sebagai unsur benefisial mampu meningkatkan produksi tanaman sekaligus berperan sebagai nutrisi bagi manusia.

Selain unsur hara mineral, rumput laut juga mengandung beberapa bio-stimulan, yakni

  • Asam amino, membantu mengambil mineral dari dalam tanah dan mencegah tanaman stres. Baca Fungsi dan Manfaat Asam Amino Bagi Tanaman
  • Manitol, sebagai makanan dan memberi energi pada mikroorganisme yang bermanfaat
  • Betaines, merangsang produksi klorofil dan membantu ketahanan tanaman terhadap stres lingkungan
  • Vitamin B, meningkatkan metabolisme sel dan mengaktifkan sistem pertahanan alami tanaman. Baca Manfaat Vitamin B1 Untuk Menghindari Tanaman Stress Setelah Repotting
  • Hormon Pertumbuhan, merangsang perkecambahan biji, pertumbuhan akar, perkembangan tunas lateral serta mempersingkat waktu berbunga dan berbuah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here