Manfaat abu kayu untuk tanaman
Manfaat abu kayu untuk tanaman

Tanpa disadari abu kayu memiliki banyak manfaat untuk pertanian. Bagi anda yang hobi berkebun pekarangan, sangat disarankan menerapkan cara-cara yang kami bagikan di bawah ini agar tanaman sehat dan subur. Kami juga memberikan beberapa informasi penting dalam memilih memilih abu kayu karena beberapa mungkin mengandung bahan kimia atau bersifat panas bagi tanaman yang tentu sangat berbahaya.

5 Manfaat Abu Kayu Untuk Tanaman

1. Menyuburkan Tanaman

Abu kayu memiliki kandungan kalium karbonat yang sangat tinggi, yang menjadikannya pilihan yang tepat sebagai pupuk. Selain kalium, abu kayu juga kaya akan fosfor, kalsium dan magnesium. Selain unsur makro yang telah disebutkan, abu kayu juga mengandung sejumlah kecil nutrisi makro meliputi Molibdenunm (Mn), Mangan (Mn), Tembaga (Cu), Sodium (Na), Boron (B), Seng (Zn), Besi (Fe).

Semua elemen di atas penting untuk pertumbuhan tanaman, jadi tidak mengherankan jika abu kayu telah menjadi bahan organik dan pupuk alami yang sangat populer.

2. Menetralkan pH Tanah dan Pengganti Kapur

Abu kayu berperan sangat baik dalam menetralkan tanah masam. Lakukan uji tanah untuk mengetahui tingkat keasaman tanah, bisa di lihat di artikel Cara Sederhana Menguji pH Tanah Tanpa Bantuan Alat. Jika dalam uji tanah bersifat masam perlu dilakukan penambahan unsur tertentu seperti kalsium atau kapur pertanian. Unsur kalsium secara alami terdapat pada abu kayu.

Kalsium pada abu kayu sangat cepat terpecah sehingga lebih mudah terserap pada tanaman. Secara umum, dosis abu kayu yang digunakan yakni 10-12 kg per luasan 100 meter persegi. Pastikan selalu melakukan ujii tanah untuk menghindari overdosis kalsium.

3. Menjauhkan Hama Siput

Jauhkan hama siput dari kebun pekarangan dengan menyebarkan abu kayu ke permukaan tanah. Kita bisa membuat penghalang di sekitar tanaman atau menaburkannya sepanjang garis di sekitar kebun. Anda perlu mengajukan kembali penghalang alami ini setelah setiap hujan.

4. Meningkatkan Kadar Kalium pada Pupuk Kompos

Abu kayu merupakan bahan tambahan yang sangat baik untuk kompos. Campurkan sisa pembekaran kayu ke dalam kompos untuk meningkatkan kadar kalium sehingga tanaman lebih banyak mengeluarkan bunga.

5. Teh Kompus + Abu Kayu

Teh kompos dari kompos yang mengandung abu kayu akan sangat bermanfaat bagi tanaman. Kita juga bisa membuat teh abu kayu langsung untuk diterapkan ke tanaman. Teh kompos plus abu kayu adalah pupuk serbaguna yang sangat bagus dan dapat membantu menyembuhkan masalah tanaman seperti menguning antara vena daun, bintik coklat, pertumbuhan tanaman yang lambat, tunas daun yang melengkung dan hasil panen rendah. Masalah tersebut merupakan tanda bahwa tanaman tidak mendapatkan asupan kalium yang cukup. Mengobati tanaman ini dengan teh abu kayu dapat membantu mengatasi masalah tersebut.

Tips Memilih Abu Kayu Yang Bisa Dimanfaatkan Untuk Menyuburkan Tanaman

Pastikan hanya menggunakan abu dari kayu alami dan tidak diolah. Hindari abu kayu yang diperoleh dengan cara dibakar menggunakan minyak atau bahan bakar yang mengandung bahan kimia lainnya. Jenis kayu terbaik yang bisa dimanfaatkan untuk tanaman adalah abu dari sisa pembakaran kayu keras. Alasannya adalah kayu keras mengandung nutrisi yang jauh lebih banyak daripada kayu lunak.

Penting juga dicatat bahwa abu kayu begitu kaya nutrisi sehingga tidak disarankan untuk menggunakannya pada bibit muda karena garam yang dikandungnya dapat merusak. Saat mencari abu untuk digunakan di kebun, pastikan untuk mengikuti prosedur keselamatan yang tepat. Biarkan abu mendingin sepenuhnya sebelum menanganinya. Simpan ke dalam wadah yang tidak mudah terbakar seperti logam dengan penutup untuk mencegah pembakaran spontan.

Sekian artikel mengenai 5 Cara Memanfaatkan Abu Kayu Untuk Pertanian. Jangan lupa like halaman fanspage kami di Tips dan Informasi Berkebun Pekarangan untuk mengetahui informasi dan tips terbaru mengenai urban farming. Salam organik…

BAGIKAN
Berita sebelumyaTips Mencegah Serangan Hama dan Penyakit Pada Tanaman Padi
Arriyadh Prayugo lahir di Banyuasin, pada hari ke sepuluh di bulan Juni, 1995. Saat ini sedang menempuh pendidikan akhir S1 di Universitas Sriwijaya Program Studi Agroteknologi spesialis Budidaya Pertanian. Aktif di beberapa kegiatan dan konsultan pertanian. Penulis juga merupakan founder sekaligus pengurus LapakPetani.com dan BibitPalembang.id. Sosok yang memiliki ketertarikan dengan hobi membaca dan menulis melatarbelakangi berdirinya blog yang bertema "Artikel, ide dan edukasi" ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here