keunggulan padi m70d
panen padi m70d dan m400

Benih padi baru dengan nama varietas M70D dan M400 telah ditemukan oleh Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI). Varietas ini diprediksi mampu meningkatkan produksi beras nasional dan kesejahteraan petani.

Keunggulan padi varietas M70D yaitu hanya umur panen yang sangat singkat, 70 hari, lebih pendek dari pada umur panen padi umumnya yang paling cepat 97 hari. Hasil panennya juga cukup menggembirakan, bisa mencapai produksi 7 ton/ha GKP.

Menurut ketua HKTI, Moeldoko, seperti yang dilansir Jakarta Post, Varietas M70D bisa menjadi solusi program pemerintah untuk penambahan musim tanam karena waktu panennya yang relatif lebih singkat. Petani setidaknya bisa panen tiga sampai empat kali dalam setahun.

Padi varietas M400 juga tak kalah unggul, meskipun periode tanam hingga panennya memakan waktu sekitar 95 hari namun mampu menghasilkan padi sebanyak 9,6 ton per hektar. Disebut Padi M400 karena padi ini memiliki 400 bulir dalam satu malai, sangat luar biasa.

Keunggulan lainnya, varietas padi tersebut juga tidak mudah roboh bahkan selama saat cuaca ekstrem atau angin kencang sekalipun. Padi yang telah dikembangkan oleh HKTI ini juga termasuk varietas yang tahan penyakit, hal ini terbukti pada uji coba panen pertama pada April tahun 2017 lalu.

Sampai saat ini, varietas M70D dan M400 telah di tanam di lahan seluas 1.000 hektar lahan sawah yang tersebar di daerah Jawa dan Kalimantan. Benihnya kini dikembangkan dan dikelolaoleh produsen benih PP Kerja di Boyolali, Jawa Tengah.

Melihat data-data diatas, diharapkan padi yang dikembangkan HKTI dengan nama M70D dan M400 ini dapat membantu meningkatkan kesejahteraan petani dan mampu menjadikan Indonesia sebagai sumber pangan dunia yang terbesar, terutama beras.

3 KOMENTAR

  1. Gmn cara mndapatkan benih trsebut ?
    Trus apa sdh djual dkios2 prtanian…..tlong infonya mengenai harga benihnya N dmn bs mbeli benih tsb. Mkasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here