fakta gas etilen
Apel masak, gambar pixabay.com

Mungkin kita pernah mengamati buah yang disimpan di dalam lemari lama-kelamaan semakin ranum. Hal ini disebabkan oleh gas etilen yang dihasilkan oleh buah itu sendiri. Fakta gas etilen merupakan salah satu hormon tanaman yang memiliki peran besar bagi tanaman. Salah satu fungsi hormon etilen yang lumayan dikenal adalah mempercepat proses matangnya buah.

Peran gas etilen pada buah adalah perubahan tekstur yang dihasilkan, warna hingga rasa. Hormon etilen bisa juga disebut hormon penuaan, gas etilen tidak hanya mempengaruhi pemasakan buah tapi juga bisa menyebabkan gugurnya daun. Efek lain dari gas etilen yaitu merangsang pembungaan, mengakhiri dormansi biji dan pada dosis yang tepat bekerjasama dengan auksin mempercepat pertumbuhan akar dan batang.

11 Fakta Gas Etilen

Gas etilen merupakan salah satu hormon tanaman yang tidak terpisahkan. Berikut ini akan kita ulas mengenai fakta-fakta gas etilen bagi tanaman.

  1. Sejarah gas etilen sudah lama digunakan jauh sejak zaman mesir kuno. Namun istilah etilen ditemukan pertama kali pada tahun 1901 oleh ilmuwan Rusia, Dimitry Neljubow.
  2. Dari semua hormon tanaman, gas etilen adalah hormon tanaman yang paling sederhana.
    Etilen hanya terdiri dari 2 atom karbon dan 4 atom hidrogen yang tersusun dalam ikatan rangkap. Rumus kimia etilen pada suhu kamar adalah C2H4
  3. Meskipun memiliki struktur kimia yang sederhana, fakta gas etilen ternyata memiliki pengaruh signifikan terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Pada kadar tertentu etilen dapat mempercepat pertumbuhan tanaman bekerjasama dengan auksin. Namun jika kadar auksin lebih rendah, etilen dapat menghambat proses pertumbuhan tanaman.
  4. Fungsi gas etilen antara lain mengakhiri masa dormansi biji, merangsang pembentukan bunga, merangsang absisi atau rontoknya buah dan daun, membantu pemekaran bunga dan membantu proses matangnya buah.
  5. Fungsi hormon etilen yang paling terkenal pada tanaman yaitu membantu proses pematangan buah. Singkatnya tanaman akan melepaskan hormon etilen saat buah akan matang. Semakin matang buah, gas etilen yang dikeluarkan juga semakin banyak.
  6. Etilen alami pada buah bisa menjadi masalah pada saat ada pengiriman yang jarak tempuhnya jauh. Sebab buah akan terus melepaskan etilen selama perjalanan yang menyebabkan masa simpan buah sangat pendek. Itu sebabnya bila buah akan dikirim jarak jauh, buah biasanya dipanen dan dipetik pada saat masih mentah.
  7. Gas Etilen sering digunakan secara komersil untuk mempercepat pematangan buah saat sampai di tujuan, nama umumnya adalah karbit
  8. Buah yang disimpan di dalam gudang penyimpanan memiliki respon yang tinggi terhadap gas etilen yang dikeluarkan oleh buah yang lain. Jika buahnya sangat banyak maka akan terjadi akumulasi etilen yang menyebabkan daya simpan buah lebih pendek.
  9. Ingin bereksperimen dengan efek gas etilen? Tempatkan pisang yang sudah ranum di samping buah mentah seperti sawo lalu ditutup kain. Bandingkan hasilnya dengan sawo mentah yang tidak diletakkan bersama pisang tadi
  10. Produksi etilen dalam buah dipacu oleh respirasi, artinya oksigen berpengaruh dalam hal pemasakan buah. Perlakuan karbon dioksida yang dialirkan pada gudang penyimpanan selain dapat menghambat kerja etilen juga mampu mencegah akumulasi etilen.
  11. Gas Etilen dapat digunakan untuk mempercepat pembentukan bunga pada beberapa tanaman, yang menyebabkan masa panen lebih cepat.

Itulah 11 hal mengenai fakta gas etilen dan perannya pada tanaman. Anda juga bisa membaca artikel-artikel mengenai tips berkebun pekarangan lainnya dengan mengunjungi link ini.

BAGIKAN
Berita sebelumyaCara Cepat Mengecambahkan Benih Cabe Rawit
Berita berikutnyaCara Mudah Membuat MOL dari Nasi Bekas
Arriyadh Prayugo lahir di Banyuasin, pada hari ke sepuluh di bulan Juni, 1995. Saat ini sedang menempuh pendidikan akhir S1 di Universitas Sriwijaya Program Studi Agroteknologi spesialis Budidaya Pertanian. Aktif di beberapa kegiatan dan konsultan pertanian. Penulis juga merupakan founder sekaligus pengurus LapakPetani.com dan BibitPalembang.id. Sosok yang memiliki ketertarikan dengan hobi membaca dan menulis melatarbelakangi berdirinya blog yang bertema "Artikel, ide dan edukasi" ini.

2 KOMENTAR

  1. kalau secara manual adalah pengkarbetan buah ya mas, saat ini kalau mau beli buah masaknya kebanyakan dikarebetin, ngak masak secara alami :D, salam kenal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here