amankah tanaman berpenyakit dikonsumsi
Penyakit Hawar Bakteri pada Apel

Beberapa waktu lalu ada sahabat sesama pehobi kebun pekarangan yang menyanyakan mengenai aman atau tidak mengkonsumsi tanaman yang terkena penyakit. Sebagaimana kita ketahui bahwa penyakit pada tanaman umumnya disebabkan oleh mikroorganisme seperti virus, bakteri dan jamur sehingga kerja fisiologis tanaman terganggu.

Sama halnya dengan manusia, penyebab penyakit pada manusia juga disebabkan oleh infeksi jamur, virus dan bakteri. Mungkin hal inilah yang menyebabkan kita bertanya-tanya, apakah mungkin penyakit pada tanaman bisa juga menyerang manusia? temukan jawabannya dengan membaca sampai habis artikel ini.

Amankah Tanaman Yang Terserang Penyakit Jamur dan Bakteri Dikonsumsi Manusia?

dampak kesehatan penyakit tanaman bagi manusia
Bakteri (ilustrasi)

Meskipun tanaman mengekspresikan infeksi jamur dan bakteri secara berbeda dengan manusia, masih banyak orang yang khawatir tentang dampak  yang mungkin juga akan mengancam kesehatan kita sebagai manusia.

Sampai saat ini, infeksi penyakit tanaman ke manusia khususnya yang disebabkan oleh bakteri dan jamur sangat jarang terjadi, tapi memang ada bakteri patogen yang  sifatnya umum menyerang semua jenis makhluk hidup. Patogen utama yang menjadi perhatian adalah bakteri yang dikenal dengan nama Pseudomonas aeruginosa. Bakteri  tersebut menyebabkan busuk lunak pada banyak jenis tanaman. P. aeruginosa juga dapat menyerang manusia di hampir semua jaringan tubuh apabila sistem kekebalan tubuh melemah.

Gejala penyakit Pseudomonas aeruginosa pada manusia sangat bervariasi, mulai dari infeksi saluran kemih, dermatitis hingga infeksi saluran cerna. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penyakit ini pada manusia silahkan browsing sendiri di internet.

Pernyataan di atas mungkin membuat anda takut, tapi jangan terlalu didramatisir. Faktanya pasien rawat inap yang sakit parah, tingkat infeksi P. aeruginosa hanya 0,4 persen sehingga sangat tidak mungkin kita akan mengalami infeksi walaupun bersentuhan langsung dengan jaringan tanaman yang terinfeksi.

Sistem kekebalan tubuh yang berfungsi normal membuat infeksi penyakit dari tanaman ke manusia sangat tidak mungkin terjadi.

Apakah Mengkonsumsi Tanaman Yang Terkena Virus Berbahaya Bagi Manusia?

penyakit keriting daun dikonsumsi manusia
Penyakit Keriting Akibat Virus Pada Tomat

Tidak seperti bakteri yang bisa berfungsi lebih oportunistik, virus membutuhkan kondisi khusu yang sangat ketat dan inang spesifik untuk berkembang. Bahkan jika kita memakan jeruk, melon atau cabe yang terinfeksi virus kita tidak akan tertular virus yang menyerang tanaman tersebut. Hanya saja, tanaman yang terinfeksi penyakit seperti jamur, bakteri dan virus khususnya buah rasanya saat dikonsumsi tidak akan seenak buah yang sehat.

Jika di kebun pekarangan terdapat gejala serangan virus, maka sangat direkomendasikan untuk selalu memusnahkannya sesegera mungkin sebelum virus menyebar ke tanaman lainnya. Penyakit tanaman akibat virus sangat sulit untuk dikendalikan dan penyebarannya luas karena sering kali disebarkan dari tanaman sakit ke tanaman yang sehat oleh serangga penghisap.

Kesimpulan

Jadi, setelah membaca artikel di atas, sebenarnya resiko penyakit tanaman tertular ke manusia sangat minimal. Sekarng kita bisa dengan lega memakan hasil kebun yang ditanam sendiri secara organik di pekarangan. Untuk pencegahan penyakit secara organik, silahkan membaca artikel di kategori biopestisida. Jangan lupa juga untuk menyukai fanspage kami di Tips dan Inspirasi Kebun Pekarangan. Salam Urban Farming!!!

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here