cara install android o di pixel dan nexus
cara install android o di pixel dan nexus

Cara Install Android O Developer – Jika Anda memiliki Smartphone tipe Google Pixel, Pixel XL, Nexus 5X, Nexus 6P, Pixel C atau Nexus Anda sangat beruntung. Sebab Anda bisa menikmati versi Android paling mutakhir yaitu Android O.  Anda dapat menginstal Android O Developer Preview terbaru lebih awal sebelum versi stabil diluncurkan ke publik.

Untuk instalasi Android O tidak terlalu sulit. Tapi, sebelum melakukannya, Anda harus tahu beberapa risiko bug terkait dengan versi developer.

Pertama, Android O belum mencapai tahap penyelesaian dan Anda tidak bisa berharap banyak pada fitur yang ditawarkan. Apalagi, build ini belum dioptimalkan untuk ketahanan baterai dan namun bukan merupakan indikasi dari apa yang akan Anda dapatkan dari rilis final.

Untuk lebih lengkapnya Anda bisa melihat Release Notes Android O di bawah ini

Persiapan Cara Install Android O Versi Developer Preview

Cara install android O sangatlah mudah, anda hanya perlu melakukan flash system image secara manual ke perangkat Anda. Namun perlu diingat, flash system image di perangkat akan menghapus semua data. Cadangkan data penting terlebih dahulu dan lanjutkan dengan hati-hati. System image sudah tersedia untuk Google Piksel, Pixel XL, Piksel C, Nexus 5X, Nexus 6P, Nexus Player

Download System Image sesuai tipe smartphone di halaman ini mencakup script flash, biasanya dinamai flash-all.sh (Pada sistem Windows, gunakan flash-all.bat sebagai gantinya).

Untuk flash perangkat Anda juga memerlukan fastboot tools terbaru. Anda bisa mendapatkannya dari salah satu sumber berikut:

Setelah Anda memiliki alat fastboot, tambahkan ke PATH environment variable. Pastikan juga Anda telah mengatur akses USB untuk perangkat Anda.

Cara Install Android O dengan Flash System Image

  • Download system image yang sesuai untuk perangkat Anda, lalu ekstrak ke direktori.
  • Sambungkan perangkat Anda ke komputer melalui USB.
  • Jalankan perangkat dalam mode fastboot dengan salah satu metode berikut:
    • Menggunakan alat adb: Dengan perangkat diaktifkan, jalankan: adb reboot bootloader
    • Menggunakan tombol perangkat: Matikan perangkat, lalu hidupkan dan tahan terus kombinasi tombol yang sesuai untuk perangkat Anda. Misalnya, untuk memasukkan Nexus 5 (“martil”) ke mode fastboot, tekan dan tahan Volume Up + Volume Turun + Daya saat perangkat mulai melakukan booting.
  • Jika perlu, buka kunci perangkat bootloader menggunakan salah satu metode berikut:
    • Jika Anda memperbarui perangkat Nexus 5X atau Nexus 6P ke hammerhead atau angler builds, perbarui  fastboot tools Anda ke versi terbaru (> = 23.0.1), lalu jalankan perintah ini: fastboot flashing unlock 
    • Jika Anda versi lebih lama,cukup  jalankan perintah ini: fastboot oem unlock
  • Perangkat target akan menampilkan layar konfirmasi. (jika anda memilih yes, maka konfirmasi tersebut akan menghapus semua data pada perangkat target)
  • Buka terminal dan arahkan ke direktori system image yang sudah diekstrak tadi.
  • Jalankan script flash-all. Script ini akan menginstal bootloader, firmware baseband, dan sistem operasi yang diperlukan.

Setelah skrip selesai, perangkat Anda akan di-reboot. Tapi belum selesai, Anda harus mengunci bootloader untuk alasan keamanan:

  • Jalankan perangkat dalam mode fastboot lagi, seperti yang dijelaskan di atas.
  • Jalankan: fastboot flashing lock
    Atau, untuk versi perangkat lama, jalankan: fastboot oem lock
  • Mengunci bootloader akan menghapus data pada beberapa perangkat. Setelah mengunci bootloader, jika ingin flash device lagi, Anda harus menjalankan fastboot oem unlock lagi.

Bantuan Lebih Lanjut Mengenai Android O

Google memiliki fitur bantuan yang sangat baik untuk membantu memandu Anda jika mengalami kesulitan dalam menjalankan android O. Bantuan tersebut dapat anda temukan pada link di bawah ini.

BAGIKAN
Berita sebelumyaGoogle Umumkan Nominasi Terbaik Google Play Awards 2017
Berita berikutnyaKapan Waktu Terbaik Untuk Menyiram Tanaman Sayuran?
Arriyadh Prayugo lahir di Banyuasin, pada hari ke sepuluh di bulan Juni, 1995. Saat ini sedang menempuh pendidikan akhir S1 di Universitas Sriwijaya Program Studi Agroteknologi spesialis Budidaya Pertanian. Aktif di beberapa kegiatan dan konsultan pertanian. Penulis juga merupakan founder sekaligus pengurus LapakPetani.com dan BibitPalembang.id. Sosok yang memiliki ketertarikan dengan hobi membaca dan menulis melatarbelakangi berdirinya blog yang bertema "Artikel, ide dan edukasi" ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here