mengatasi busuk pantat buah tomat
Busuk Pantat Tomat

Menanam tomat di kebun pekarangan merupakan pekerjaan yang menyenangkan. Selain buahnya dapat dikonsumsi, tanaman tomat juga menambah estetika karena bentuk daun dan buah yang bagus.

Puas rasanya ketika tomat yang ditanam di kebun pekarangan mulai bermekaran dan membentuk buah kecil pertama. Namun semua sirna setelah kita mendapati tanaman tomat yang kita tanam buahnya tidak sempurna dan busuk di bagian ujung sebelum dapat dipanen.

Ciri-ciri Penyakit Busuk Pantat Buah (Blossom end rot)

Busuk pantat buah atau blossom end rot merupakan penyakit fisiologis pada tanaman tomat. Penyakit ini mengakibatkan buah menjadi lembek kemudian membusuk. Penyakit ini menyerang pada semua fase pemasakan mulai dari muda hingga matang.

Ciri yang paling mudah diketahui buah tomat terserang penyakit blossom yakni munculnya bercak coklat pada ujung/tomat yang lama-kelamaan akan membusuk. Pada kondisi terparah akan merusak tampilan buah tomat, menurunkan hasil hingga kegagalan panen.

Penyebab Penyakit Busuk Pantat Buah Tomat

Penyakit blossom end rot bukan disebabkan oleh jamur atau bakteri patogen, tapi disebabkan karena kekurangan unsur hara Kalsium. Selain tomat, penyakit fisiologis ini juga bisa terdapat di buah semangka, labu, timun dan belewah.

Kalsium diperlukan oleh tanaman karena perannya dalam membentuk dinding sel dan membran yang kuat. Ketika tanaman tomat tidak mendapatkan asupan kalsium yang cukup maka akan menyebabkan buah yang cacat dan lembek.

Seringkali, busuk buah pada tomat atau tanaman lainnya terjadi pada musim dengan fluktuasi cuaca yang ekstrem. Penyiraman yang tidak konsisten juga menjadi penyebab utama timbulnya jenis penyakit ini. Sebab tanah yang awalnya memiliki cukup kalsium, namun karena inkonsistensi penyiraman dan cuaca, tanaman kemudian tidak mampu menyerap kalsium dengan baik.

Cara Mencegah Busuk Pantat Buah Tomat

Busuk pantat buah disebabkan oleh tanaman kekurangan unsur hara Ca. Pemberian kalsium nitrat pada awal tanam merupakan tindakan pencegahan untuk mengurangi resiko busuk ujung pantat buah tomat.

Cara Mengatasi Busuk Pantat Buah Tomat

Selain tindakan pencegahan, busuk pangkal buah juga dapat diatasi dengan pemberian pupuk kalsium nitrat. Kalsium Nitrat sangat mudah larut dalam air dan sering dimasukkan ke dalam sistem irigasi tetes oleh petani, sehingga bisa diberikan langsung ke zona akar tanaman.

Untuk mencegah penyakit blossom end rot pada tomat di kebun pekarangan. Kita bisa mencampur 1 sendok makan kalsium nitrat per liter air dan mengaplikasikannya ke media tanam dengan cara dikocor. Lalu lakukan 1-2 minggu sekali sesuai gejala yang timbul.

BAGIKAN
Berita sebelumyaHaruskah Bibit Diberi Pupuk?
Berita berikutnya6 Masalah Umum Pengomposan dan Cara Mengatasinya
Arriyadh Prayugo lahir di Banyuasin, pada hari ke sepuluh di bulan Juni, 1995. Saat ini sedang menempuh pendidikan akhir S1 di Universitas Sriwijaya Program Studi Agroteknologi spesialis Budidaya Pertanian. Aktif di beberapa kegiatan dan konsultan pertanian. Penulis juga merupakan founder sekaligus pengurus LapakPetani.com dan BibitPalembang.id. Sosok yang memiliki ketertarikan dengan hobi membaca dan menulis melatarbelakangi berdirinya blog yang bertema "Artikel, ide dan edukasi" ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here