pertanyaan wawancara kerja
pertanyaan wawancara kerja

Wawancara kerja adalah tahap penentuan apakah anda akan diterima bekerja di perusahaan atau tidak. Disinilah anda mulai mempresentasikan mengenai keahlian dan prestasi anda kepada calon atasan sesuai dengan resume yang Anda buat. Sekarang perhatian anda harus beralih ke wawancara dan melakukan persiapan karena hal ini sangat penting untuk membantu lolos dalam tahap tes kerja.

Terlepas dari industri tempat Anda bekerja atau posisi yang Anda lamar, ada beberapa pertanyaan wawancara yang sangat umum dan sering ditanyakan kepada calon pegawainya. Oleh karena itu, akan sangat membantu jika kita memilikik bocoran sedikit mengenai pertanyaan yang akan dijawab pada kesempatan wawancara kerja nantinya. Pemilihan pertanyaan ini sama sekali bukan daftar definitif karena kami tidak dapat memprediksinya dalam situasi wawancara. Namun, mudah-mudahan ini dapat membantu Anda gambaran dan inspirasi sebelum wawancara kerja..

1. Mengapa Anda ingin bekerja di sini?

Pertanyaan langsung ini adalah cara bagi atasan untuk mencari tahu seberapa banyak yang Anda ketahui tentang perusahaan dan tekad anda untuk menginginkan posisi tersebut. Mereka mencoba mengukur tingkat ketertarikan Anda pada pekerjaan dan antusiasme Anda pada pertanyaan ini.

Untuk menjawab pertanyaan ini, usahakan ringkas dan tidak menyampaikan fakta atau sejarah perusahaan secara penuh. Tunjukkan antusiasme sambil tersenyum dan pilih beberapa hal penting yang Anda sukai dari perusahaan. Anda bahkan bisa mencoba menghubungkannya dengan pengalaman Anda sendiri.

2. Apa kelebihan anda?

pertanyaan umum job interview

Ada garis tegas dalam menjawab pertanyaan ini sehingga Anda terdengar percaya diri dan mengesankan tanpa tampil sombong. Pada akhirnya, dalam kebanyakan kasus, seorang atasan akan mencari tim yang rendah hati dan fleksibel. Namun, pertanyaan ini memberi Anda kesempatan besar untuk mendiskusikan sesuatu yang Anda banggakan dalam karir Anda sejauh ini, atau saat di mana Anda benar-benar di puncak. Jika memungkinkan, cobalah untuk menghubungkan kelebihan yang Anda sebutkan ke salah satu spesifikasi pekerjaan utama.

3. Apa kelemahan anda?

wawancara kerja gagal

Pertanyaan ini bisa mengekspos tingkat kepercayaan diri Anda, tapi Anda jelas tidak ingin merendahkan diri sendiri. Cobalah untuk mengatasi salah satu kelemahan Anda, tapi kemudian ikuti ini dengan penjelasan singkat tentang bagaimana Anda telah bekerja untuk memperbaikinya. Misalnya, jika Anda buruk dalam menjaga waktu, jelaskan cara-cara di mana Anda telah melakukan upaya teliti untuk memperbaiki hal ini dalam beberapa bulan terakhir. Tanggapan terbaik untuk pertanyaan ini harus rendah hati dan menunjukkan kesadaran diri. Pada akhirnya, atasan mencoba menilai apakah Anda memiliki sikap terbuka terhadap perbaikan diri saat Anda menghadapi kritik.

4. Di mana Anda melihat diri Anda dalam waktu lima tahun?

pertanyaan wawancara kerja

Dalam menjawab pertanyaan ini secara efektif, Anda harus mengungkapkan bahwa Anda ambisius dan fokus pada tujuan karir Anda dan tidak hanya melayang dari satu pekerjaan ke pekerjaan berikutnya. Cobalah untuk menunjukkan antusiasme yang tinggi terhadap peran yang sedang Anda ajak wawancara. Pikirkan spesifikasi pekerjaan setiap saat dan renungkan bagaimana Anda bisa membangun sektor-sektor tersebut dalam jangka pendek dan panjang. Intinya atasan ingin menilai apakah Anda akan bertahan dengan perusahaan mereka dan apakah anda akan menjadi investasi berharga dari waktu mereka untuk mempekerjakan Anda.

5. Apa prestasi terbesar Anda sampai saat ini?

pertanyaan wawancara kerja

Pertanyaan terbuka ini memberi Anda kesempatan untuk menyebutkan sesuatu yang fantastis yang telah Anda raih dalam karir atau kehidupan pribadi Anda sampai saat ini, jadi jangan menahan diri! Atasan Anda mungkin bisa mengukur sedikit lebih banyak tentang kepribadian Anda dari jawaban Anda di sini dan juga kehidupan pribadi Anda. Anda mungkin bisa menyebutkan penghargaan yang Anda terima atau mendapat sebuah kesempatan ketika Anda merasa sangat bangga dengan sesuatu yang pernah Anda raih

6. Dapatkah Anda menjelaskan bagaimana Anda menangani situasi sulit dalam peran Anda sebelumnya?

Jawaban Anda atas pertanyaan ini seharusnya menunjukkan sebuah masalah dan solusi untuk masalah itu. Oleh karena itu, ada baiknya Anda memikirkan pertanyaan ini sebelum wawancara Anda jika seandainya muncul. Cobalah untuk menghubungkan keterampilan yang Anda tunjukkan dalam ‘situasi sulit’ yang bersangkutan dengan spesifikasi pekerjaan jika Anda bisa. Keterampilan seperti pemecahan masalah, memiliki kemampuan komunikasi yang kuat atau kemampuan untuk berpikir cepat  adalah semua kompetensi yang kemudian dapat Anda lakukan dalam menjawab pertanyaan dengan sukses. Ingatlah untuk tetap mencoba untuk menjawab secara ringkas dalam jawaban Anda dan memberikan kesan yang rendah hati.

7. Menurutmu apa yang membuat kinerja tim bagus?

Pertanyaan ini sangat tergantung pada posisi spesifik yang Anda pilih saat melamar pekerjaan. Namun, kebanyakan orang yang memilih posisi struktral perusahaan akan mendapatkan pertanyaan ini. Renungkan seberapa kuat kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah dapat membantu memperkuat etos kerja tim. Mungkin juga menyebutkan contoh kapan Anda berhasil mencapai sesuatu dengan sukses sebagai bagian dari sebuah tim.

Jika ini adalah wawancara kerja pertama Anda, pikirkan tentang proyek kampus yang telah Anda kerjakan, atau mungkin tim olahraga yang pernah anda ikuti.

 8. Apa hobi atau minat Anda?

Pertanyaan ini adalah cara bagi calon atasan Anda untuk melihat sekilas kepribadian Anda di luar pekerjaan. Entah Anda menikmati hal-hal sederhana dalam hidup seperti membaca, berjalan atau memasak atau hobi yang lebih berjiwa petualang seperti mendaki gunung atau bahkan memainkan alat musik, semuanya selalu layak disebut.

Jawaban Anda atas pertanyaan ini akan membantu menunjukkan sejauh mana Anda adalah ‘individu berpengetahuan luas’. Jadi, biarpun Anda hanya bisa memikirkan satu atau dua hobi yang Anda miliki, pastikan hal tersebut membantu dalam memberikan gambaran Anda yang lebih baik kepada pewawancara.

9. Berapa Kisaran gaji apa yang anda harapkan?

Penelitian adalah kunci untuk menjawab pertanyaan ini dengan sukses. Jelajahi perusahaan lain yang sedang menyewa posisi yang sama secara online dan lihat gaji yang mereka tawarkan kepada calon karyawan. Dengan cara ini Anda bisa membuat perbandingan dan menawarkan jawaban yang paling masuk akal dan realistis.

10. Apakah Anda memiliki pertanyaan?

Ketika pertanyaan ini muncul menjelang akhir wawancara kerja, kebanyakan kandidat begitu lega sehingga wawancara selesai sehingga otak mereka ditutup dan mereka hanya ingin meninggalkan ruangan. Namun, cobalah untuk memiliki setidaknya satu pertanyaan untuk menanyakan hal spesifik mengenai untuk posisi yang anda pilih.

Misalnya, Anda bisa bertanya bagaimana prospek promosi perusahaan atau seberapa sering penilaian pribadi karyawan atau penilaian tempat kerja dilakukan. Kombinasikan pertanyaan yang lebih spesifik seperti contoh di atas dengan cepat sehingga anda terlihat sabgat antusias untuk bekerja.

Good Luck untuk wawancara kerja Anda, dan ingat bahwa setiap wawancara adalah pengalaman belajar yang dengannya Anda dapat mengambil sesuatu untuk membangun diri Anda menjadi individu yang lebih kuat dan lebih percaya diri.

BAGIKAN
Berita sebelumyaUnik, Skuad Borneo FC Naik Taksi Blue Bird Ke Stadium
Berita berikutnyaSamsung Galaxy S9 Akan Dilengkapi Prosesor Snapdragon 845
Arriyadh Prayugo lahir di Banyuasin, pada hari ke sepuluh di bulan Juni, 1995. Saat ini sedang menempuh pendidikan akhir S1 di Universitas Sriwijaya Program Studi Agroteknologi spesialis Budidaya Pertanian. Aktif di beberapa kegiatan dan konsultan pertanian. Penulis juga merupakan founder sekaligus pengurus LapakPetani.com dan BibitPalembang.id. Sosok yang memiliki ketertarikan dengan hobi membaca dan menulis melatarbelakangi berdirinya blog yang bertema "Artikel, ide dan edukasi" ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here